Alasan Smartphone Xiaomi Tidak Bisa 4G


Banyak sekali yang bertanya kenapa setelah flash smartphone Xiaomi ke ROM Global pengaturan 4G jadi hilang, bahkan 4G gak bisa muncul padahal sudah di area yang support 4G. Mungkin anda salah satunya dan saya sendiri juga sudah pernah mengalaminya.

Pertama yang akan saya bahas disini adalah mengenai masalah 4G di indonesia dulu. Kalau kita bicara masalah 4G, jelas kita berhubungan dengan aturan TKDN, apa itu TKDN? TKDN atau singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri adalah nilai isian dalam perensate (%) dari komponen dalam negeri di dalam barang yang di jual di pasaran indonesia, seperti handphone misalnya. Silahkan searching TKDN agar memperluas wawasan kita. Dalam hal ini produsen smartphone seperti Apple dan Xiaomi belum memenuhi aturan TKND sehingga produk tersebut tidak di jual resmi dan tidak ada iklan di media massa indonesia. Berbeda dengan Samsung yang sudah mempunyai pabrik di bekasi, Lenovo, Asus, Oppo dengan customer service nya yang sudah marak di wilayah indonesia, tidak terkendala masalah ini sehingga produk mereka bebas berkeliaran di pasaran indonesia tanpa ada sita dari dewan bea cukai. Para pengguna yang suka membeli smartphone baru di konter-konter, sudah tak asing lagi dengan kelima produk luar negeri tersebut.

Smartphone xiaomi yang dirilis pada 2016, disaat device ini masuk ke Indonesia, aturan TKDN masih dibahas oleh 3 kementerian dan hal itu membingungkan pabrikan ponsel. Bahkan sampai sekarang. Berhubung Xiaomi tidak memiliki manufaktur di Indonesia, maka komposisi TKDN belum terpenuhi sehingga smartphone xiaomi yang sedang kita pegang adalah produk ilegal alias barang impor tanpa memenuhi aturan TKDN. Aturan TKDN mulai tegas diterapkan tertanggal mulai 1 Januari 2017. Tapi menurut kabar burung, Xiaomi rencananya akan membangun manufaktur di Indonesia khususnya di wilayah batam, kepulauan riau untuk memenuhi aturan TKDN. Kita doakan saja agar para MiFans dapat bergembira dengan keputusan ini.

Jika kita lihat dari ketertarikan warga Indonesia, mereka menginginkan produk berspesifikasi tinggi dalam harga murah atau berlaber terkenal dengan spesifikasi mumpuni. Apple dan Aiaomi adalah kedua produsen yang masuk dalam incaran orang Indonesia. Untuk Apple, aturan TKDN tidak terlalu mempengaruhi pasaran mereka dikarenakan kebanyakan ponsel ini di jual di wilayah benua amerika, eropa dan bagian wilayah timur asia seperti china, begitu juga xiaomi. Tapi sebagian konsumen merasa kecewa produk mereka tidak bisa dibeli.

Kita singkirkan pembahasan Apple dulu, sekarang fokus pada Xiaomi. Selain masalah terkait dengan TKDN tersebut, masalah ROM juga mempengaruhi 4G Xiaomi. Pada website resmi MIUI, terdapat 4 versi yaitu China Stable, China Developer, Global Stable, dan Global Developer. Sedangkan diluar itu sebenarnya banyak sekali MIUI yang diolah oleh developer seperti MIUI EU. Sementara yang diterima selama ini dari distributor non resmi seperti B-Cell, Platinum adalah rom olahan dari mereka (rom distributor). Perlu dicatat Xiaomi tidak memiliki store di Indonesia yang katanya mengurangi biaya gudang dan alasan lainnya. Sehingga Xiaomi menunjuk distributor resmi TAM dan Erajaya.
Sebagai solusi dari pihak xiaomi guna mengakali masalah tknd, xiaomi mengeluarkan rom global dengan aturan main ketika rom ini di install di wilayah indonesia dengan otomatis 4g akan di lock. Hal ini tidak bisa dihindari oleh xiaomi dikarenakan minat orang indonesia yang tinggi. ini bukan bug rom atau hardware tidak support 4G, sebenarnya hanya karena masalah rom saja.

Solusi bagi Smartphone Xiaomi Tidak Bisa 4g

  • Masuk ke en.miui.com/download.html
  • Pilih smartphone kamu
  • Pilih ROM China (stable atau developer)
  • Eksekusi flash ROM (Cara Flash ROM akan diulas lain waktu)


Kelebihan ROM China

  • Tidak ribet mikirin 4G
  • Banyak koleksi theme yang gak ada di ROM Global
  • Memperluas pengetahuan berbahasa Inggris


Kekurangan ROM China
  • Banyak aplikasi yang masih memakai bahasa China
  • Tidak ada aplikasi yang dibuat google (gapps)
  • Tidak ada bahasa Indonesia




Jika kamu bersikeras menginginkan ROM Global dengan 4G tidak di Lock, akan saya sajikan di lain waktu. Silahkan berikan kritik dan Saran yang mendukung di kolom komentar.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment